APEL SIAGA, PELANTIKAN DAN BIMTEK PANTARLIH DESA POGALAN TAHUN 2023

administrator 17 Februari 2023 17:40:52 WIB

Sid Pogalan - Pantarlih adalah Petugas Pemutakhiran Data Pemilih yang dibentuk untuk melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih pada tahapan Pemilu. Pantarlih dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan berkedudukan di lingkungan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Bertempat di Balai Desa Pogalan, Minggu, 12 Pebruari 2023 sebanyak 17 pantarlih di apel siaga kan, dilantik dan dibimtek untuk menjalankan tugasnya sebagaimana yang tertuang pada Peraturan  Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2022.

Secara umum, Pantarlih bertugas untuk melaksanakan tahapan pemutakhiran data pemilih. Adapun tugas Pantarlih dalam Pemilu menurut Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2022, yakni:

1. Membantu KPU kabupaten/kota, panitia pemilihan kecamatan (PPK), dan PPS dalam melakukan penyusunan daftar pemilih dan pemutakhiran data pemilih

2. Melaksanakan pencocokan dan penelitian data pemilih

3. Memberikan tanda bukti terdaftar kepada pemilih

4. Menyampaikan hasil pencocokan dan penelitian kepada PPS; dan Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh KPU, PPK dan PPS sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sementara itu, kewajiban Pantarlih dalam Pemilu meliputi:

1. Melakukan koordinasi dalam membantu PPS untuk menyusun daftar pemilih hasil pemutakhiran;

2. Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan pencocokan dan penelitian kepada PPS. Dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya ini,

Pantarlih bertanggung jawab kepada PPS.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh, Tiga Pilar Desa (kades Pogalan , Bhabinkamtibmas, dan Babinsa), sekretriat, PPS dan PKD.

Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Pogalan, Martanda Aldy Priyantiko melantik dan mengambil sumpah 17 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PANTARLIH) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Desa Pogalan.
Setelah pengambilan sumpah, Ketua PPS Desa Pogalan melakukan penandatanganan Pakta Integritas secara simbolis kepada salah satu petugas pantarlih. Martanda Aldy Priyantiko berharap setelah pengambilan sumpah tersebut pantarlih dapat menjalankan tugasnya untuk mensuskseskan pemilu 2024 mendatang.

Pantarlih Desa Pogalan diharapkan dapat membantu dan memastikan setiap warga negara yang telah memenuhi syarat terjamin hak pilihnya, memastikan akurasi data pemilih hasil pengolahan (pemutakhiran berkelanjutan, sinkronisasi, dan pemadanan) serta membantu mewujudkan Daftar Pemilih yang berkualitas (komprehensif, akurat, dan mutakhir).

Setelah pelantikan selesai, acara dilanjut dengan bimtek tentang apa saja orientasi tugas yang harus dilaksanakan oleh pantarlih, banyak hal yang harus diketahui oleh pantarlih saat berada dilapangan seperti daftar DPT yang sudah meninggal, Data DPT yang tidak sesuai dengan admindukcapil dan pemilih potensial (pemilih baru) dll. Bimtek ini bertujuan agar menjadi panduan bagi pantarlih sebelum terjun mencoklit dilapangan.

Balaidesa Pogalan, 12/02/2023

Dokumen Lampiran : APEL SIAGA, PELANTIKAN DAN BIMTEK PANTARLIH DESA POGALAN TAHUN 2023


Komentar atas APEL SIAGA, PELANTIKAN DAN BIMTEK PANTARLIH DESA POGALAN TAHUN 2023

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Pogalan

tampilkan dalam peta lebih besar