PENILAIAN LOMBA DASI EMAS OLEH TIM JURI KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN 2023

administrator 13 Oktober 2023 10:36:34 WIB

Desa siaga merupakan strategi baru pembangunan kesehatan. Desa siaga lahir sebagai respon pemerintah terhadap masalah kesehatan di Indonesia yang tak kunjung selesai. Tingginya angka kematian ibu dan bayi, munculnya kembali berbagai penyakit lama seperti tuberkulosis paru, merebaknya berbagai penyakit baru yang bersifat pandemik seperti SARS, HIV/AIDS dan flu burung serta belum hilangnya penyakit endemis seperti diare dan demam berdarah merupakan masalah utama kesehatan di Indonesia. Bencana alam yang sering menimpa bangsa Indonesia seperti gunung meletus, tsunami, gempa bumi, banjir, tanah longsor dan kecelakaan massal menambah kompleksitas masalah kesehatan di Indonesia.

Desa siaga merupakan salah satu bentuk reorientasi pelayanan kesehatan dari sebelumnya bersifat sentralistik dan top down menjadi lebih partisipatif dan bottom up. Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 564/MENKES/SK/VI II/2006, tentang Pedoman Pelaksanaan Pengembangan Desa siaga, desa siaga merupakan desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan kesehatan secara mandiri. Desa siaga adalah suatu konsep peran serta dan pemberdayaan masyarakat di tingkat desa, disertai dengan pengembangan kesiagaan dan kesiapan masyarakat untuk memelihara kesehatannya secara mandiri.

Berdasarkan penjelasan tersebut diatas, Desa Pogalan mengikuti lomba penilaian Desa Siaga dengan Implementasi Germas (DASI EMAS) dan alhamdulillah dari 42 Desa yang mengikuti kompetisi tersebut Desa Pogalan masuk 14 besar dan mengikuti seleksi penilaian lanjutan atau Kunjung Lapang oleh Tim Juri kabupaten Trenggalek.

Dalam giat ini dihadiri oleh Muspika Pogalan dan kedatangan Ibu ketua TP PKK Kab. trenggalek Bunda NOvita Hardini yang menyemarakkan lomba ini dan menjadi sebuah motivasi bagi kader-kader Dasi Emas Desa Pogalan.

Sid-Pogalan Desa Pogalan, 12/10/2023

Dokumen Lampiran : PENILAIAN LOMBA DASI EMAS OLEH TIM JUR KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN 2023


Komentar atas PENILAIAN LOMBA DASI EMAS OLEH TIM JURI KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN 2023

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Pogalan

tampilkan dalam peta lebih besar